Fullboxapp – Kisah Janda LGO4D Terkaya di Makkah yang Wafat dalam Keadaan Miskin

Fullboxapp – Ini adalah kisah Khadijah binti Khuwailid, istri Nabi Muhammad yang juga berprofesi sebagai pengusaha. Bahkan, besarnya jaringan bisnis membuatnya SITUS4D INDONESIA jadi perempuan terkaya di Makkah.

Salah satu fragmen kehidupan dari Khadijah adalah bagaimana dia yang awalnya kaya raya berubah menjadi miskin karena menyumbangkan harta untuk Allah Swt. Bagaimana kisahnya?

Awal Kekayaan Khadijah

Perlu diketahui, kekayaan Khadijah sebenarnya berasal warisan mendiang suami. Sebelumnya, Khadijah memang pernah menikah dengan dua pria, yakni Abu Halah bin Zurarah at-Tamimi dan Atiq bin Ayidh.

Pernikahan tersebut terjadi dalam kurun waktu berbeda dan sama-sama dipisahkan oleh maut. Saat ditinggali suami, Khadijah dikaruniai kekayaan dan jaringan perniagaan yang luar biasa banyak. Pada titik ini, praktis Khadijah memegang kendali operasional bisnis. Dari sinilah, dia mulai memupuk kekayaan.

Meski tidak memulai dari nol, perjalanan bisnis Khadijah tak semudah yang dibayangkan. Resit Haylamaz dalam Khadija: The First Muslim and the Wife of the Prophet Muhammad (2007) menceritakan, ketika itu perempuan tidak seperti laki-laki: sering diremehkan dan dianggap lemah, apalagi untuk urusan bisnis.

Namun, Khadijah tak peduli terhadap suara-suara sumbang tersebut. Dia tetap berani melangkah dan berbisnis sekalipun bukan tugas yang mudah. Selama musim panas dan dingin, Khadijah kerap memimpin pergerakan bisnis dari Makkah ke Damaskus dan Yaman.

Selama proses itu, dia memang tak pernah terjun langsung dan hanya menjadi semacam pengawas. Tugasnya hanya mengarahkan pengiriman barang dan mengorganisir perdagangan internasional. Untuk urusan lapangan, dia memberi tugas kepada orang-orang yang dipercaya.

Salah satu orang kepercayaannya adalah LINK ALTERNATIF LGO4D Muhammad bin Abi Thalib, pemuda dari suku Quraisy. Muhammad ditugasi menjual barang dagangan ke kawasan Syam. Karen Armstrong dalam Muhammad Sang Nabi: Sebuah Biografi Kritis (2011) menceritakan, selama bertugas Muhammad sukses membuat dagangan Khadijah laku dan membawa cuan.

Selain itu, selama berdagang pemuda asal Makkah itu juga menunjukkan sikap yang membuat Khadijah terpukau: jujur, santun, rendah hati dan amanah. Dari sini, Khadijah mulai jatuh cinta kepada Muhammad, begitu pula sebaliknya, hingga keduanya menikah.

Setelah menikah, Muhammad membantu Khadijah menjalankan bisnis. Meski begitu, tidak ada catatan pasti soal posisi Muhammad di bisnis milik istrinya itu. Satu hal pasti ialah Muhammad tak lagi menjadi pekerja lapangan, tetapi sudah jadi pengurus operasional. Selama proses pernikahan dan kenabian Muhammad, Khadijah menjadi kaya raya.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *